BIPA Summer Course 2020Poster Mandarin CoursePoster Korean Course
International Cultural Day 2019

Jumat, 24 Mei 2019 - Pusat Pengajaran Bahasa (PPB) Unika Atma Jaya melangsungkan kegiatan International Cultural Day. Kegiatan ini merupakan agenda rutin sebagai bagian dari kegiatan puncak dalam masa akademik semester kelas Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dan sekaligus selebrasi keberhasilan mereka dalam menuntaskan kelas BIPA 1 dan BIPA 2. 

 

Sesuai tajuk yang diusung, kegiatan ini merupakan ajang unjuk kebudayaan bagi mahasiswa BIPA dari berbagai negara untuk memperkenalkan tarian, nyanyian serta peragaan busana tradisional khas negara asal mereka. Satu hal menarik dari kegiatan ini, seluruh perbincangan serta presentasi dipandu dalam bahasa Indonesia oleh mahasiswa Internasional, sebagai bentuk hasil belajar mereka selama ini. 

 

Perlu diketahui bahwa kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh peserta BIPA. PPB sebagai salah satu pusat bahasa terpercaya di Jakarta juga turut menyediakan kelas bahasa Inggiris, Mandarin, Jepang dan Korea. Peserta kelas bahasa sendiri dibuka bagi ekspatriat yang bekerja dan belajar khususnya di Jakarta, yang memiliki ketertarikan dalam dunia bahasa. Menurut Kepala Pusat Pengajaran Bahasa, Katharina E. Sukamto, setidaknya ada 18 kelompok besar negara peserta yang terdaftar tengah mengikuti kelas bahasa di PPB Unika Atma Jaya. Sebagian diantaranya merupakan mahasiswa Darmasiswa yang tengah menerima beasiswa dari Ristekdikti untuk belajar di Unika Atma Jaya.

 

 Suasana Intercultural Day (1)

 Suasana International Cultural Day (1)

 

 Suasana Intercultural Day (2)

 Suasana International Cultural Day (2)

 

Dalam sambutannya, Katharina E. Sukamto, mengutarakan bahwa tujuan dari acara ini bukan semata-mata sebagai seremonial masa akhir kelas BIPA. Akan tetapi lebih dari itu, kegiatan ini menekankan meski kadang terbentur dengan keberagaman bahasa dan budaya, niscaya selalu ada keindahan dalam keberbedaan itu. Sambutan beliau jelas tercermin dalam penampilan yang disajikan oleh para peserta baik dari penampilan Kuch Kuch Hota Hai oleh mahasiswi India hingga penampilan tari Ronggeng oleh gabungan mahasiswi Jepang dari Kanda University dan mahasiswi Timor Leste peserta Darmasiswa.

 

Ibu Katharina juga tak lupa memberikan apresiasi bagi mahasiswa international di Atma Jaya dan rekanan internasional untuk menghadiri kegiatan ini, mengingat situasi yang tak tentu "I greatly appreciate your willingness to come to our campus and participate in this International Cultural Day event," tuturnya.

 

 

Foto bersama peserta International Cultural Day

 

Sumber: Website Atma Jaya

Unika Atma Jaya
Copyright © 2016 Pusat Pengajaran Bahasa Universitas Katolik Atma Jaya. All Rights Reserved.