BIPA Summer Course 2020Poster Mandarin CoursePoster Korean Course
BIPA Era Milenia: Aneka Pengembangan Metodologi dan Materi Ajar BIPA

Pusat Pengajaran Bahasa (PPB) Unika Atma Jaya menyelenggarakan Seminar BIPA Jarak Jauh (Amerika Serikat - Republik Indonesia) dengan tema "BIPA Era Milenia: Aneka Pengembangan Metodologi dan Materi Ajar BIPA" pada Sabtu (10/2), bertempat di Gedung Yustinus Lantai 14, Kampus 1 Semanggi Unika Atma Jaya Jakarta.

 

Seminar BIPA Jarak Jauh ini terselenggara atas kerja sama antara UPT PPB dan COTI (Consortium for the Teaching of Indonesian) yang berada pada Cornell University, Ithaca. Merupakan kebanggaan bagi Unika Atma Jaya karena terpilih sebagai lokasi penyelenggaraan Seminar BIPA Amerika Serikat – Republik Indonesia yang pertama kalinya.

 

Siaran langsung seminar antara Unika Atma Jaya dengan pembicara di Amerika melalui video call

 

Dua pembicara dari Amerika Serikat yang memaparkan makalahnya adalah Dr. Erlin S. Barnard dari University of Wisconsin, Madison dan Desiana Pauli Sandjaja, M.A. dari University of Washington, Seattle. Pembicara dari Indonesia adalah Falantino E. Latupapua, M.A. (Universitas Pattimura, Ambon), Issyatul Mardiah, M.A. dan Hurmayani, M.Pd. (Mataram Lingua Franca Institute, Lombok), Dr. Gatut Susanto, Peni Dyah Anggari, M.Pd., Vania Maherani, S.Pd. (Universitas Negeri Malang), dan Prof. Dr. Bambang Kaswanti Purwo (Unika Atma Jaya Jakarta).

 

Sesuai dengan tema seminar, para pembicara berbagi pengalaman mengenai pengembangan metodologi dan bahan ajar di tempat mereka masing-masing. Mengingat bahwa Indonesia sangat kaya akan ragam budayanya, budaya lokal dirasa perlu untuk diperkenalkan dalam materi ajar.

 

 Foto bersama dengan para pembicara dan Katharina E. Sukamto, Ph.D selaku Kepala UPT Pusat Pengajaran Bahasa (paling kanan)

 

Sebagai penyelenggara program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) sejak tahun 1980an, UPT PPB juga secara berkala mengevaluasi metodologi dan materi ajar untuk program ini. Metodologi dan materi ajar disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Seorang diplomat yang belajar BIPA, misalnya, memerlukan materi yang sangat bervariasi dan jumlah jam belajar yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan pebisnis. (CV/AS)

 

Sumber: Website UNIKA Atma Jaya

Unika Atma Jaya
Copyright © 2016 Pusat Pengajaran Bahasa Universitas Katolik Atma Jaya. All Rights Reserved.