BIPA Summer Course 2020Poster Mandarin CoursePoster Korean Course
Opening Kanda - Atma Jaya Japan Center

Kamis (8/3), Unika Atma Jaya bersama dengan Kanda University of International Studies (KUIS) mengadakan opening ceremony dalam rangka peresmian Kanda - Atma Jaya Japan Center di Auditorium Yustinus Lantai 15, Kampus 1 Semanggi Unika Atma Jaya.

 

Opening ceremony ini dihadiri oleh Kozo Honsei (Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia), Kuniya Sakai (Rektor Kanda University of International Studies), Dr. Agustinus Prasetyantoko (Rektor Unika Atma Jaya), serta beberapa staf dari Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, Kanda University International Studies dan Pusat Pengajaran Bahasa Atma Jaya.

 

Kozo Honsei saat memberi pidato pada Opening Ceremony Kanda - Atma Jaya Japan Center

 

Peresmian Kanda - Atma Jaya Japan Center ini juga diselenggarakan sebagai bagian dari peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Jepang - Indonesia. Auditorium Yustinus tampak dipenuhi oleh berbagai tamu yang tidak hanya warga Negara Indonesia, tetapi juga beberapa warga Negara Jepang.

 

Acara dibuka dengan pemutaran video dari Kedutaan Besar Jepang yang berisi hubungan diplomatik antara Jepang – Indonesia selama 60 tahun terakhir. Setelah itu, Kuniya Sakai selaku Rektor dari KUIS memberikan kata sambutan dalam bahasa Jepang, yang diterjemahkan ke Bahasa Indonesia oleh Prof. Funada.

 

Rektor Unika Atma Jaya, Dr. Agustinus Prasetyantoko juga turut memberikan kata sambutan dan dilanjutkan oleh Kozo Honsei. Beliau berharap agar dengan adanya Kanda - Atma Jaya Japan Center ini dapat semakin mempererat hubungan antara Jepang dengan Indonesia.

 

“Salah satu misi dari universitas kami adalah, bahasa merupakan dasar perdamaian yang menyatukan dunia. Saya selalu sampaikan kepada mahasiswa kami, karena mempelajari bahasa dan budaya, pasti dunia perdamaian akan datang. Kami merasa bahagia, karena Japan Center yang didirikan bersama Unika Atma Jaya dalam peringatan 60 tahun Diplomatik Indonesia – Jepang. Kami berharap semoga pemuda-pemudi yang akan merintis persahabatan masa depan dua negara dan bisa memberikan persembahan bagi dunia ini,” ujar Kuniya Sakai dalam kata sambutannya.

 

Penampilan JKT48 pada penghujung acara

 

Acara peresmian ini juga turut diramaikan dengan penampilan Kyogen, yaitu teater humor tradisional Jepang yang merupakan perkembangan unsur humor pertunjukan Sarugaku. Selain itu, idol grup yang juga merupakan kerja sama antara Jepang dan Indonesia juga turut meramaikan acara ini. Penampilan JKT48 yang enerjik pada penghujung acara membuat peresmian Kanda - Atma Jaya Japan Center ditutup dengan meriah. (AJ)

 

(sumber: website Atma Jaya)

Unika Atma Jaya
Copyright © 2016 Pusat Pengajaran Bahasa Universitas Katolik Atma Jaya. All Rights Reserved.