BIPA Summer Course 2020Poster Mandarin CoursePoster Korean Course
Yohan Ju, Cowok Korea yang Berpetualang di Unika Atma Jaya

Yohan Ju

 

Yohan Ju datang menimba ilmu di Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya melalui Program Darmasiswa Republik Indonesia (RI). Ketika mendapatkan kabar bahwa akan belajar di negara Indonesia, Yohan pun bertanya kepada beberapa relasinya di Indonesia yang mengatakan bahwa Unika Atma Jaya adalah yang terbaik, sehingga membuat Yohan memilih Unika Atma Jaya. Faktor lain yang membuat Yohan memilih Unika Atma Jaya adalah karena lokasinya yang terletak di pusat kota. “So, I choose Atma Jaya, and I like being here,” ucap Yohan.

 

Yohan mengungkapkan bahwa pada umumnya kondisi cuaca di Jakarta panas, bahkan lebih panas dibandingkan Korea. Namun, pria asal Korea Selatan tersebut mengaku lebih menyukai cuaca panas dibandingkan cuaca dingin.

 

Kemacaten juga menjadi salah satu hal yang tidak lupa disebutkan oleh Yohan ketika berbicara mengenai Jakarta. Menurutnya, masalah kemacetan ini akan berkurang ketika kereta dan busway sudah lebih teratur dan terorganisir, yang mungkin akan terwujud setelah dirinya sudah kembali ke Negeri Ginseng.

 

Yohan sangat terkejut mengenai makanan di kantin Unika Atma Jaya, karena bukan hanya rasanya yang lezat, tapi juga harganya yang terjangkau. “The food is so yummy and also cheap, wow! Double suprising for me,” ujar Yohan. Biasanya, hampir setiap harinya Yohan akan makan nasi ayam Shanghai dan Kwetiau. Terkadang Yohan juga membeli jus mangga.

 

Di Unika Atma Jaya sendiri, Yohan belajar Bahasa Indonesia. Menurutnya tenaga pengajar disini sangat menghormati dan menjaga para mahasiswanya dengan baik.

 

Yohan sendiri membuat vlog mengenai makanan Indonesia karena terinspirasi oleh seorang kenalannya yang telah tinggal di Indonesia selama 20 tahun. Cowok yang terkenal karena vlog makanan khas Padang “Rendang” tersebut merasa bahwa kenalannya yang tinggal di Indonesia tersebut berbeda dengan orang-orang Korea pada umumnya. “She’s smarter and have bright mind,” jelas Yohan. Berawal dari hal tersebut, Yohan pun mulai menggali lebih dalam mengenai Indonesia, misalnya saja terkait makanan dan kebudayaan dari Indonesia.

 

Yohan pun mengungkapkan bahwa Kantor Urusan Internasional turut membantu Yohan untuk membuat vlog dari segi peralatan dan perlengkapannya. (IN)

 

Sumber: Website UNIKA Atma Jaya

Unika Atma Jaya
Copyright © 2016 Pusat Pengajaran Bahasa Universitas Katolik Atma Jaya. All Rights Reserved.